Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengikat Sepeda Motor Di Mobil Pick Up

Cara Mengikat Sepeda Motor Di Mobil Pick Up

Memiliki mobil pick up yang bisa membawa banyak barang adalah keuntungan tersendiri bagi pemiliknya. Namun, jika Anda ingin membawa sepeda motor bersamaan dengan barang bawaan, tentu harus mengikatnya dengan benar agar tidak terjatuh selama perjalanan. Berikut ini adalah cara mengikat sepeda motor di mobil pick up dengan benar.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Persiapan Alat Dan Bahan

Sebelum memulai mengikat sepeda motor, pastikan Anda telah mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, di antaranya:

  • Ratchet strap atau tali pengikat yang kuat
  • Karung atau styrofoam sebagai pengaman
  • Ban bekas sebagai pengganjal
  • Sepeda motor

2. Letakkan Styrofoam dan Ban Bekas

Letakkan Styrofoam Dan Ban Bekas

Pertama-tama, letakkan styrofoam yang telah dipotong sesuai ukuran di bawah roda belakang sepeda motor. Kemudian, letakkan ban bekas di bawah roda depan sepeda motor. Penggunaan ban bekas dan styrofoam bertujuan untuk mencegah goresan pada sepeda motor dan pick up Anda.

3. Parkirkan Mobil Pick Up di Tempat yang Rata

Parkirkan Mobil Pick Up Di Tempat Yang Rata

Parkirkan mobil pick up di tempat yang rata dan datar agar sepeda motor dapat diikat dengan mudah dan tidak goyah selama perjalanan. Pastikan juga mobil pick up dalam posisi yang stabil saat diikat.

4. Tarik Tali Pengikat dengan Kuat

Tarik Tali Pengikat Dengan Kuat

Setelah sepeda motor diletakkan di atas mobil pick up dengan posisi roda belakang pada styrofoam dan roda depan pada ban bekas, kencangkan pengikat dengan kuat di atas roda belakang dan depan. Pastikan tali pengikat yang dipilih memiliki daya ikat yang kuat dan tidak mudah putus.

5. Pastikan Kencang dan Aman

Pastikan Kencang Dan Aman

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan sekali lagi bahwa pengikatan sepeda motor sudah kencang dan aman. Uji kencangan tali pengikat dengan memutar roda sepeda motor. Pastikan juga bahwa posisi sepeda motor sudah pas dan stabil di atas mobil pick up. Jika perlu, berikan penahan pada sepeda motor agar tidak bergerak selama perjalanan.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengikat sepeda motor di mobil pick up secara aman dan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut di atas, Anda dapat membawa sepeda motor dengan mudah dan nyaman saat perjalanan jauh. Penting untuk selalu memeriksa kencangan tali pengikat sepeda motor secara berkala selama perjalanan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan.

Related video of Cara Mengikat Sepeda Motor di Mobil Pick Up