Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merakit Sepeda Anak Roda 3

Cara Merakit Sepeda Anak Roda 3

Bagi seorang anak, bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan. Maka tidak heran jika banyak orang tua yang ingin memberikan sepeda bagi anak mereka. Salah satu jenis sepeda yang populer di kalangan anak-anak adalah sepeda roda 3. Sepeda ini memiliki tiga roda dan sangat cocok digunakan oleh anak yang masih belajar bersepeda. Namun, seringkali harga sepeda roda 3 tergolong cukup mahal. Oleh karena itu, banyak orang tua yang memilih untuk merakit sepeda roda 3 sendiri. Nah, berikut ini adalah beberapa langkah-langkah cara merakit sepeda anak roda 3.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Alat Dan Bahan Merakit Sepeda

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain kunci pas, obeng, tang, pompa angin, dan sebagainya. Sedangkan bahan yang diperlukan berupa rangka sepeda, roda-roda, rem, cat, dan lain sebagainya.

2. Rakit Rangka Sepeda

Rangka Sepeda

Langkah selanjutnya adalah merakit rangka sepeda. Pertama-tama, pasang roda belakang pada rangka sepeda. Lalu, pasang juga roda depan. Setelah itu, pasang bagian kemudi dan stang sepeda.

3. Pemasangan Kabel Rem

Kabel Rem Sepeda

Setelah rangka sepeda terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasang kabel rem. Pastikan kabel rem terpasang dengan baik dan tidak goyah. Jika perlu, lakukan penyetelan pada kabel rem agar berfungsi dengan baik.

4. Pasang Roda Samping

Roda Samping Sepeda Roda 3

Sebagai sepeda roda 3, maka sepeda ini dilengkapi dengan roda samping atau roda kecil di samping roda belakang. Pasang roda samping pada rangka sepeda dengan baik dan benar.

5. Pasang Aksesoris

Aksesoris Sepeda

Setelah semua bagian sepeda terpasang dengan baik, langkah terakhir adalah memasang aksesoris pada sepeda. Beberapa aksesoris yang bisa dipasang antara lain bel, lampu, pengaman, dan lain-lain. Pastikan aksesoris terpasang dengan baik dan benar.

Demikianlah beberapa langkah cara merakit sepeda anak roda 3 yang bisa dilakukan. Namun, jika Anda tidak yakin bisa melakukannya sendiri, sebaiknya minta bantuan pada ahlinya. Selamat mencoba!

Related video of Cara Merakit Sepeda Anak Roda 3