Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Rem Cakram Sepeda Berbunyi

Cara Merawat Rem Cakram Sepeda

Rem cakram pada sepeda memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Fungsi utama dari rem cakram pada sepeda yaitu untuk menghentikan laju sepeda agar tidak terjadi kecelakaan. Namun, mungkin pernah terjadi pada Anda ketika sedang bersepeda bahwa rem cakram sepeda mengeluarkan bunyi yang tidak sedap dan cukup mengganggu. Nah, jika hal ini terjadi, berikut adalah beberapa penyebab rem cakram sepeda berbunyi:

Selip pada Sepeda

Selip Pada Sepeda

Penyebab pertama rem cakram sepeda berbunyi yaitu selip pada sepeda. Hal ini sering terjadi pada sepeda yang sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Selip pada sepeda ini dapat membuat rem cakram sepeda berbunyi. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memperiksa kebersihan rem cakram dan mungkin juga dapat mengganti rem cakram yang sudah aus.

Debu atau Kotoran pada Sepeda

Debu Atau Kotoran Pada Sepeda

Penyebab kedua rem cakram sepeda berbunyi yaitu debu atau kotoran pada sepeda. Kotoran atau debu yang menempel pada rem cakram sepeda dapat membuat bunyi yang sangat mengganggu ketika sepeda sedang melaju. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membersihkan debu atau kotoran pada rem cakram secara berkala. Bisa menggunakan cairan pembersih khusus sepeda atau lap yang sudah dibasahi.

Baut yang Longgar

Baut Yang Longgar

Penyebab ketiga rem cakram sepeda berbunyi yaitu baut yang longgar. Baut yang longgar pada sepeda seringkali menjadi penyebab munculnya bunyi-bunyi tidak sedap pada sepeda, termasuk bunyi pada rem cakram. Oleh karena itu, selalu pastikan bahwa baut pada sepeda Anda selalu dalam kondisi yang kencang.

Rotor yang Aus atau Tidak Rata

Rotor Yang Aus Atau Tidak Rata

Penyebab keempat rem cakram sepeda berbunyi yaitu rotor yang aus atau tidak rata. Rotor yang aus atau tidak rata dapat membuat bunyi-bunyi tidak sedap pada rem cakram sepeda. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat membawa sepeda ke bengkel sepeda untuk memeriksa kondisi rotor. Jika diperlukan, Anda dapat mengganti rotor dengan yang baru untuk menghilangkan bunyi yang tidak sedap pada rem cakram sepeda.

Cairan Rem yang Kurang

Cairan Rem Yang Kurang

Penyebab terakhir rem cakram sepeda berbunyi yaitu kurangnya cairan rem. Rem cakram sepeda memerlukan cairan rem agar dapat berfungsi dengan baik. Jika cairan rem pada sepeda sudah habis atau berkurang, maka rem cakram sepeda akan mengeluarkan bunyi yang tidak sedap. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mengisi cairan rem pada sepeda secara berkala agar rem cakram dapat berfungsi dengan baik dan menghilangkan bunyi-bunyi tidak sedap.

Jadi, itulah beberapa penyebab rem cakram sepeda berbunyi yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah bunyi pada rem cakram sepeda Anda.

Related video of Penyebab Rem Cakram Sepeda Berbunyi