Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Bagian Sepeda Dalam Bahasa Jawa

Sepeda

Sepeda adalah kendaraan yang digunakan untuk berolahraga, bekerja, atau berjalan-jalan. Sepeda terdiri dari banyak bagian yang bekerja sama untuk menjadikannya sebuah alat transportasi yang efektif. Mengenal bagian-bagian sepeda dalam bahasa Jawa akan memperkaya kosa kata Anda dan menambah pengetahuan tentang budaya Jawa.

Pedal

Pedal Sepeda

Pedal (kakang) adalah bagian sepeda yang digunakan untuk menggerakkan roda. Pedal harus digerakkan oleh kaki pengendara untuk membuat sepeda bergerak. Pedal pada sepeda memiliki dua jenis, yaitu pedal yang umumnya digunakan untuk sepeda biasa dan pedal klip yang digunakan untuk sepeda balap atau berkecepatan tinggi.

Roda

Roda Sepeda

Roda (ban) adalah bagian sepeda yang membuat sepeda bergerak. Roda terdiri dari dua buah ban dan sebuah bingkai atau rim yang menghubungkannya. Ban sepeda juga memiliki banyak variasi, seperti ban tubeless dan ban tube yang memerlukan alat tambahan untuk memompa udara.

Sadel

Sadel Sepeda

Sadel (sadir) adalah bagian sepeda yang digunakan sebagai penopang tubuh pengendara. Sadel pada sepeda memiliki banyak variasi, seperti sadel yang lebar untuk pengendara yang gemuk, sadel yang empuk untuk pengendara yang nyaman, dan sadel yang tipis untuk pengendara yang ingin berkecepatan tinggi.

Rem

Rem Sepeda

Rem (tetengan) adalah bagian sepeda yang digunakan untuk menghentikan pergerakan roda. Rem pada sepeda umumnya terdiri dari dua jenis, yaitu rem cakram dan rem tromol. Rem cakram dipasang pada roda depan dan belakang, sedangkan rem tromol hanya dipasang pada roda belakang.

Stang

Stang Sepeda

Stang (sangkil) adalah bagian sepeda yang digunakan sebagai kemudi. Stang pada sepeda memiliki banyak variasi, seperti stang lurus untuk sepeda balap dan stang yang melengkung untuk sepeda gunung. Stang sepeda juga dapat disesuaikan dengan tinggi badan pengendara agar nyaman dipakai.

Rantai

Rantai Sepeda

Rantai (akar) adalah bagian sepeda yang menghubungkan pedal dan roda belakang. Rantai sepeda harus dijaga agar tetap kencang dan tidak melorot saat digunakan. Rantai sepeda juga harus dilumasi secara berkala agar tidak cepat aus.

Busur

Busur Sepeda

Busur (busur) adalah bagian sepeda yang menghubungkan stang dengan roda depan. Busur sepeda harus menjadi satu kesatuan yang kuat dan tidak bengkok agar pengendara dapat mengendalikan sepeda dengan mudah.

Meta Description

Meta Keywords

Related video of Bagian Bagian Sepeda Dalam Bahasa Jawa