Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sepeda Motor Matic Tidak Bisa Distarter

Sepeda Motor Matic Tidak Bisa Distarter

Sepeda motor matic merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun, seperti halnya kendaraan lainnya, sepeda motor matic juga bisa mengalami masalah yang membuatnya tidak bisa distarter. Masalah ini tentu sangat merepotkan, terutama jika terjadi di saat-saat yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting bagi pemilik sepeda motor matic untuk mengetahui apa saja penyebab dan solusi dari masalah ini.

Apa yang dimaksud dengan sepeda motor matic tidak bisa distarter?

Sepeda motor matic tidak bisa distarter merupakan keadaan di mana mesin sepeda motor matic tidak dapat dihidupkan dengan menggunakan starter yang ada pada sepeda motor. Masalah ini bisa terjadi karena berbagai sebab, seperti kerusakan pada komponen yang terkait dengan starter atau masalah pada sistem listrik sepeda motor.

Apa saja penyebab sepeda motor matic tidak bisa distarter?

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sepeda motor matic tidak bisa distarter. Beberapa penyebab umumnya meliputi:

Aki yang melemah atau soak (banjir)

Aki Yang Melemah Atau Soak

Aki yang sudah melemah bisa membuat sepeda motor tidak bisa distarter. Hal ini terjadi karena daya tahan aki yang sudah berkurang sehingga tidak mampu menghasilkan arus listrik yang cukup untuk menstarter mesin sepeda motor. Selain itu, jika aki terendam air atau mengalami soak, maka aki akan rusak dan membuat sepeda motor tidak bisa distarter.

Starter yang rusak

Starter Yang Rusak

Starter pada sepeda motor matic berfungsi untuk menghidupkan mesin dengan cara menarik kabel starter. Kerusakan pada starter bisa membuat sepeda motor tidak bisa distarter. Hal ini bisa terjadi karena kabel starter putus atau starter motor mengalami kerusakan pada komponen-komponen di dalamnya.

Sistem kelistrikan yang bermasalah

Sistem Kelistrikan Yang Bermasalah

Sistem kelistrikan pada sepeda motor matic juga bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya starter. Hal ini bisa terjadi karena kabel-kabel yang terhubung ke starter putus atau mengalami korsleting. Selain itu, masalah pada sistem kelistrikan juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada akibat usia kendaraan yang sudah lama atau penggunaan komponen kelistrikan yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor matic.

Apa yang harus dilakukan jika sepeda motor matic tidak bisa distarter?

Jika sepeda motor matic tidak bisa distarter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

Cek aki

Langkah pertama yang harus dilakukan jika sepeda motor matic tidak bisa distarter adalah dengan memeriksa kondisi aki. Pastikan aki dalam keadaan yang baik dan memiliki daya yang cukup untuk menstarter mesin sepeda motor. Jika aki rusak atau sudah melemah, segera ganti dengan yang baru.

Cek starter

Jika setelah memeriksa kondisi aki sepeda motor masih tidak bisa distarter, maka langkah selanjutnya adalah memeriksa kondisi starter pada sepeda motor matic. Pastikan kabel starter tidak putus atau terlepas dan kelistrikan pada starter dalam kondisi baik.

Cek sistem kelistrikan

Jika setelah memeriksa aki dan starter, mesin sepeda motor matic masih tidak bisa dihidupkan, maka kemungkinan besar masalah terletak pada sistem kelistrikan. Periksa kabel-kabel yang terhubung ke starter dan pastikan tidak ada yang putus atau terlepas. Jika ditemukan kabel yang rusak atau terputus, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. Selain itu, pastikan juga komponen-komponen pada sistem kelistrikan dalam keadaan baik dan tidak ada yang rusak atau bermasalah.

Kesimpulan

Sepeda motor matic tidak bisa distarter merupakan masalah yang sangat merepotkan bagi pemilik sepeda motor. Namun, masalah ini bisa diatasi dengan melakukan pemeriksaan secara teratur pada komponen-komponen pada sepeda motor matic, seperti aki, starter, dan sistem kelistrikan. Jika Anda tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendiri, sebaiknya bawa sepeda motor matic Anda ke bengkel yang terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Related video of Sepeda Motor Matic Tidak Bisa Distarter: Masalah dan Solusinya di Indonesia