Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagian Bagian Kopling Sepeda Motor

Kopling Sepeda Motor

Jika Anda adalah seorang penggemar sepeda motor, Anda mungkin sudah sangat memahami tentang bagian-bagian dari motor tersebut. Salah satu bagian yang sangat penting dari sepeda motor adalah kopling, yang berfungsi untuk mengatur tenaga mesin agar berhenti sementara, sehingga pengendara dapat memindahkan gigi. Bagian bagian kopling sepeda motor di Indonesia memiliki beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan negara lain, dan dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang hal tersebut.

Fungsi Kopling Sepeda Motor

Fungsi Kopling Sepeda Motor

Kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga mesin ke transmisi sepeda motor. Ketika pengendara menginjak tuas kopling, maka tenaga mesin akan terputus dari transmisi sehingga pengendara dapat memindahkan gigi. Pada saat pengendara melepaskan tuas kopling, maka tenaga mesin akan terhubung kembali dengan transmisi dan sepeda motor akan berjalan.

Bagian-bagian Kopling Sepeda Motor di Indonesia

Bagian-Bagian Kopling Sepeda Motor

Berikut adalah beberapa bagian dari kopling sepeda motor di Indonesia:

  • Disc kopling
  • Clutch lever
  • Clutch cable
  • Clutch cover
  • Pressure plate
  • Clutch spring
  • Primary gear
  • Secondary gear

Disc Kopling

Disc Kopling

Disc kopling adalah salah satu bagian paling penting dari kopling sepeda motor. Bagian ini terletak di antara flywheel dan pressure plate. Ketika disc kopling ditekan oleh pressure plate, maka putaran mesin akan dihentikan sehingga pengendara dapat memindahkan gigi.

Clutch Lever

Clutch Lever

Clutch lever adalah tuas yang terletak di samping kanan setang sepeda motor. Tuas ini digunakan untuk menggerakkan kopling. Ketika pengendara menarik tuas kopling, maka kabel kopling akan tertarik sehingga disc kopling terpisah dari bagian lainnya.

Clutch Cable

Clutch Cable

Clutch cable adalah kabel yang menghubungkan tuas kopling dengan disc kopling. Ketika pengendara menarik tuas kopling, maka kabel kopling akan merentangkan dan menarik disc kopling sehingga tenaga mesin terputus dari transmisi.

Clutch Cover

Clutch Cover

Clutch cover adalah tempat di mana semua bagian dari kopling disimpan. Bagian ini melindungi bagian-bagian kopling dari kerusakan dan kotoran.

Pressure Plate

Pressure Plate

Pressure plate adalah bagian yang membantu untuk menekan disc kopling ke flywheel. Ketika pressure plate ditarik oleh per atau kopling, maka disc kopling akan terpisah dari bagian lainnya.

Clutch Spring

Clutch Spring

Clutch spring adalah bagian yang membantu untuk menekan disc kopling ke flywheel. Ketika pressure plate ditarik oleh per atau kopling, maka disc kopling akan terpisah dari bagian lainnya.

Primary Gear

Primary Gear

Primary gear adalah bagian yang terletak di bawah mesin sepeda motor. Bagian ini terhubung dengan crankshaft dan berguna untuk menghubungkan mesin dengan transmisi.

Secondary Gear

Secondary Gear

Secondary gear adalah bagian di transmisi yang terhubung dengan roda belakang. Bagian ini membantu untuk mengatur kecepatan sepeda motor.

Kopling Sepeda Motor vs. Kopling Mobil

Kopling Sepeda Motor Vs. Kopling Mobil

Selain bagian-bagian yang berbeda, kopling sepeda motor dan kopling mobil juga berbeda dalam cara kerjanya. Pada kopling mobil, tenaga mesin yang dihasilkan akan terus mengalir ke transmisi bahkan jika pengendara menginjak pedal kopling. Sedangkan pada kopling sepeda motor, tenaga mesin akan terputus dari transmisi ketika pengendara menginjak tuas kopling.

Kesimpulan

Bagian bagian kopling sepeda motor di Indonesia memiliki perbedaan dengan negara lain. Kopling sepeda motor sangatlah penting dan memiliki beberapa bagian seperti disc kopling, clutch lever, clutch cable, clutch cover, pressure plate, clutch spring, primary gear, dan secondary gear. Kopling sepeda motor berbeda dengan kopling mobil dalam cara kerjanya.

Related video of Bagian Bagian Kopling Sepeda Motor di Indonesia